PHP, Program Berorientasi Objek

 Author : hadinug, 17 February, 2014, Komentar

Bagi kita yang terbiasa dengan bahasa pemprograman object seperti JAVA dan C++, OOP tidaklah asing ditelinga kita. Apalagi yang terbiasa mengunakan bahasa JAVA yang sudah full OOP. 


Beberapa tahun belakang ini OOP di PHP mulai menggila, terlebih dengan versi baru PHP 5.* dan munculnya beberapa framework PHP yang menerapkan konsep OOP MVC pada produk-produk nya. Jika sebelum nya OOP tren di bahasa pemprograman Java, sekarang ini OOP juga telah menjadi model pemprograman tren yang ada di PHP.



Kalau kita berbicara tentang OOP pasti yang ada dibenak kita adalah kelas (class), dan pastinya berkaitan dengan objek. Secara sederhana bisa dijelaskan sepert ini. Objek itu dibentuk melalui kelas, dengan kata lain kelas merupakan cetakan atau frame untuk objeck.  Kalau dalam bahasa teknis nya, kelas adalah definisi untuk sekelompok objek. So dalam sebuah kelas kita bisa membuat banyak objek.


A. Mendefinisikan Kelas

Seperti yang dijelaskan sebelum nya bahwa kelas bisa mencakup 1 atau lebih sebuah variable /properti dan metode/fungsi. Berikut ini contoh sederhana pendefinisian kelas:


Class nama_kelas{
        [deklarasi variable]
        [deklarasi metode/fungsi]
}


 Nah skrip berikut ini merupakan contoh kelas biodata.php


Class Biodata{
       // properti
       public $nama;
       public $alamat;
       public $jk;

      // metode
      public  function set_biodata($nama, $jk, $alamat){
            $this->nama = $nama;
            $this->jk=$jk;
            $this->alamat=$alamat;
     }
     public function get_biodata(){
            return "Nama: $this->nama<br/>Kelamin:$this->jk<br/>Alamat:$this->alamat";
      }
}


Pada contoh skrip diatas $this merupakan objek dari kelas itu sendiri. Sedangkan tanda (->) digunakan untuk mengakses metode itu sendiri. Pada kelas biodata terdapat 3 properti dan 2 metode yang sewaktu-waktu bisa kita atur dan panggil.


B. Menciptakan Objek

Setelah kelas tadi kita definisikan, selanjutnya adalah tahap instasiasi atau menciptakan object pada kelas yang sudaj kita buat. Sebagai contohnya adalah sbb:


$bio = new Biodata(); // instasiasi objek


C. Mengatur Isi Properti dan Memanggil Metode

Sebelumnya kita telah berhasil menginstasiasi kelas dalam sebuah objek variable yang kita berinama $bio. Selanjutnya adalah mengatur nilai properti untuk mengatur biodata.


$bio->set_biodata('hadinug','laki-laki','Yogyakarta'); // atur biodata
// menapilkan biodata yang telah kita set
$bio->get_biodata();

Semoga hal sederhana ini bermanfaat, dan pada tutorial selanjutnya kita akan membahas tentang Contruktor dan Destruktor pada PHP, kemudian akan dilanjutkan dengan Pewarisan dan masih banyak lagi yang bisa kita pelajari dari PHP OOP. 


 
Bagikan halaman ke sosial media
 
Tags :   php    phpOOP       

Tentang Penulis

writer hadinug
Web Developer di PT. Yafii Solusi Internasional

Link: http://ysi.co.id

   Komentar Anda