Penggunaan Trait dan Array Di PHP 5.4

 Author : hadinug, 12 February, 2014, Komentar

php logo


Salah satu fitur baru dan hasil perbaikan dari beberapa fitur sebelumnya adalah penggunaan trait, penulisan syntax array secara ringkas, penggunaan closure $this, tanda <?= yang selalu aktive dan masih banyak lagi.


Sekitar 100 bugs lebih telah fix pada php versi 5.4 ini. Jika pada versi php sebelum nya penggunaan <?= sering depricate atau bermasalah, maka pada php 5.4 hal ini tidak lagi. Selain itu php 5.4 juga selalu menggunakan caracter-set="UTF-8" tanpa kita harus mendevinisikan pada tag HTML.



Permasalahan yang sering kita temui di versi php sebelum nya adalah pewarisan untuk lebih dari satu kelas. Jika kita sebelumnya menggunakan extend untuk kelas pewarisan / inhiretance dan itu pun masih terbatas untuk satu kelas saja, di php 5.4 kini telah mendukung pewarisan lebih dari satu kelas dengan menggunakan trait.


<?php
trait A {
    public function sayHallo() {
        return 'say hallo';
    }
}
trait B {
    public function toMe() {
        return ' to me';
    }
}
class Hello {
    // use trait
    use A,
        B;
    public function index() {
        return $this->sayHallo() . $this->toMe();
    }
}
$h = new Hello();
echo $h->index();


Script diatas merupakan contoh sederhana penggunaan trait untuk pewarisan kelas A dan B. Dan jika sebelum nya kita menjumpai trait pada bahasa pemprograman seperti C++ dan Java, kini php pun telah mendukung penggunaan trait.

Selain itu juga pada php 5.4, penulisan syntax array menjadi lebih ringkas. pada cara yang lama kita masih menggunakan tanda () di php 5.4 kini telah mendukung penggunaan tanda [] pada branch array.

// cara lama
$buah = array("jeruk","manggis","apel","durian");
// cara baru
$buah = ["jeruk","manggis","apel","durian"];
$jk = [
     "0"=>"laki-laki",
     "1"=>"perempuan"
]

Semoga bermanfaat :-)

 
Bagikan halaman ke sosial media
 
Tags :   php5       

Tentang Penulis

writer hadinug
Web Developer di PT. Yafii Solusi Internasional

Link: http://ysi.co.id

   Komentar Anda