PHP

Menurut dokumen resmi PHP, PHP merupakan singkatan dari PHP Hypertext Processor. PHP merupakan bahasa berbentuk script yang dilemparkan ke dalam server dan diproses dalam server. Hasilnya akan dikirim ke klien dalam bentuk halaman HTML.


Secara khusus PHP dirancang untuk memberntuk aplikasi web dinamis. Misalnya kita ingin menampilkan isi database ke halaman web. 


Kelahiran PHP bermula saat Rasmus Lerdrof membuat sejumlah skrip Perl yang dapat mengamati siapa saja yang melihat daftar riwayat hidupnya, yakni pada tahun 1994. Skrip tersebut selanjutnya dikemas dalam sebuah tool yang disebut dengan Personal Home Page. Paket inilah yang kemudian menjadi cikal bakal bahasa pemprograman PHP.


PHP bersifat multi platform yang artinya skrip php mampu berjalan disemua sistem operasi seperti UNIX, Window, dan Machintos. Selain itu PHP juga berjalan pada beberapa web server seperti Apache, IIS (Internet Information Server), PWS (Personal Web Server) dan Xitami.


PHP bersifat opensource (Kode Terbuka), bebas digunakan. Sehingga kita tidak perlu membayar lisensi untuk menggunakan PHP.


Skrip PHP berkedudukan sebagai tag dalam bahasa HTML. Sebagaimana kita ketahui HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa standar dalam pembuatan halaman WEB.


Contoh penulisan Skrip PHP:


<?php
   echo "hello world!";
?>

Bahasa PHP dalam perkembangan nya, dikembangkan dalam sebuah kerangka kerja (Framework). Sekarang ini banyak sekali framework-framework PHP yang bisa kita gunakan secara gratis maupun berbayar, seperti Zend Framework. CodeIgniter, YII, Simfony dan masih banyak lagi.


Sumber:

  1. http://php.net
  2. http://phpindonesia.org


 

   Komentar Anda